Keuntungan Bisnis Ayam Petelur

Bagaimanakah keuntungan bisnis ayam petelur ? Jelas, bisnis ayam petelur menurut Saya merupakan peluang usaha yang menjanjikan. Mengapa ?

Permintaan konsumen semakin meningkat
Permintaan masyarakat Indonesia terhadap telur setiap hari semakin tinggi sebab telur merupakan salah satu kebutuhan pokok berprotein tinggi yang sangat dibutuhkan manusia dengan harga relatif murah. Pengaruh populasi penduduk pun sangat berpengaruh, baik penduduk yang berada di kota maupun desa yang semakin bertambah banyak sehingga otomatis membuat permintaan pasar terhadap telur menjadi semakin meningkat.

Selain konsumen rumah tangga, telur juga dibutuhkan oleh para pengusaha kuliner atau jajanan buat cemilan seperti martabak, kue, sistik dan berbagai macam olahan makanan lainnya. Akibatnya, penjualan telur selalu laris manis setiap hari bahkan terkadang produsen di sebagian daerah masih belum bisa menyuplai konsumennya secara menyeluruh.

Tentu saja faktor inilah yang menyebabkan prospek usaha beternak ayam petelur akan sangat menjanjikan dan untung besar tentu saja ditopang dengan manajemen pemeliharaan dan perawatn ternak yang bagus serta ditunjang dengan aktifitas yang efisien namun tetap menguntungkan pengusaha dan karyawan.

Pasar yang sangat luas
Seperti disebutkan di atas bahwa penjualan telur ini tidak hanya menargetkan kelas konsumen langsung seperti rumah tangga, melainkan juga menarget kalangan pengusaha kuliner atau industri makanan skala besar atau skala kecil.

Yang dimaksud contohnya adalah restoran atau rumah makan, industri pembuatan kue, cemilan, roti, jajanan anak dan berbagai komoditas kuliner lainnya yang memang membutuhkan telur sebagai bahan bakunya.

Dengan harga yang relatif murah namun bergizi tinggi, telur menjadi pilihan masyarakat menengah ke bawah pengganti daging yang juga mengandung protein tinggi. Dengan demikian pangsa pasar yang cukup luas inilah yang menurut Saya merupakan salah satu keuntungan dalam bisnis ayam petelur.

Menimbulkan usaha lain
Setiap hari ayam petelur selalu buang kotoran. Kalau Anda kumpulkan kotorannya maka bisa menghasilkan uang juga. Ada beberapa peluang yang bisa Anda lakukan sembari beternak ayam petelur. Sebagai contoh, Anda bisa beternak ikan lele atau ikan lainnya dengan memanfaatkan kotoran ayam sebagai pakan. Kalau Anda mempunyai kandang ayam petelur, usahakan dibikin secara panggung dan di bawahnya bisa Anda manfaatkan untuk membuat kolam. Dengan demikian, Anda punya penghasilan doble sekaligus menghilangkan polusi bau, karena kotoran ayam langsung terbuang ke kolam.

Itulah gambaran bagaimana mendapatkan keuntungan dari bisnis ayam petelur. Baca juga artikel lainnya yang berhubungan dengan :
- analisa usaha ayam petelur 2017
- harga ayam petelur siap telur 2017
- harga bibit ayam petelur
- analisa usaha ayam petelur 1000 ekor
- harga ayam petelur per ekor
Tag : bisnis ayam petelur
Back To Top